Article

Berenang Membangun Karakter

Berenang Membangun Karakter

Penulis / Channel Youtube : pak jun or

Mengelola kursus renang , kami jalani sudah sejak tahun 2003. Silih berganti anak-anak dan orang dewasa yang belajar renang. Dari anak-anak yang menangis dan takut turun ke kolam renang, hingga mereka bisa berenang, itu suatu kebanggan bagi kami.

Ada salah satu postingan di WA group orang tua siswa renang .  Ini awalnya ditujukan hanya untuk beberapa orang tua
teman-teman di sekolah renang.
Salah satu orang tua  bertanya kepada teman lainnya: “Kenapa kamu mau membayar begitu mahal atau banyak uang yang kamu keluarkan untuk anak-anak kamu, untuk belajar berenang?”

“Lalu orang tua lainnya punya pengakuan ,seperti  ini :  Buat saya,saya tidak hanya membayar untuk anak-anak saya berenang begitu saja.  Secara pribadi, saya tidak peduli tentang kolam renang.
Jadi, jika saya  membayar berenang untuk les anak saya, apa yang saya bayar? Adalah :

– Saya membayar untuk saat-saat ketika anak-anak saya menjadi sangat lelah saat berenang, mereka ingin berhenti mengayuh tangannya tetapi tidak bisa. Anak-anak akan terus berenang dan berenang hingga sampai ujung kolam.

– Saya membayar untuk hari-hari ketika  anak-anak pulang sekolah
dan “terlalu lelah” untuk pergi ke kolam renang, tapi anak-anak akan tetap pergi ke les renang. Bayangkan begitu lelahnya anak-anak dari pagi hingga sore hari,  tetapi mereka sangat antusias untuk belajar renang.

– Saya membayar anak-anak saya untuk belajar menjadi disiplin yang tinggi , tidak  banyak mengeluh dan semangat terus berlatih pantang menyerah.

– Saya membayar anak-anak saya untuk belajar merawat tubuh mereka agar tetap sehat, karena didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat atau mens sana in corpore sano.

-Saya membayar anak-anak saya untuk belajar bekerja  sama, dengan orang lain dan juga  untuk menjadi  teman tim yang baik. Bila dalam lomba renang nomor estafet diperlukan kerjasama yang luar biasa agar dapat memenangkan lomba.

– Saya bayar untuk anak-anak saya untuk belajar berurusan dengan kekecewaan. Karena kapan mereka tidak mendapatkan tempat itu atau mereka berharap, tetapi masih harus melakukannya. Bila kalah dalam lomba anak harus dapat menerima kekalahan dengan sportifitas yang tinggi.

– Saya  bisa melanjutkan tetapi, singkatnya, aku jangan membayar untuk berenang, tetapi ingat saya membayar untuk-karakter anak-anak saya . untuk itu anak-anak saya untuk belajar membuat dan mencapai tujuan dengan baik dan fokus.

-Saya membayar anak-anak saya untuk mempelajarinya membutuhkan waktu berjam-jam,berhari-hari berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Patut diingat berjam-jam kerja keras
dan berlatih dalam sehari untuk membuat juara, dan kesuksesan itu tidak terjadi dalam semalam atau tidak semudah membalik telapak tangan.

–  Saya bayar untuk kesempatan saya,anak-anak harus dan harus membuatnya pertemanan seumur hidup dalam dunia renang yang penuh sportifitas.

– Saya membayar agar anak-anak saya ,untuk bisa masuk kolam bukannya di depan gadget, komputer atau layar televisi saja terus-menerus yang membuat anak menjadi malas beraktifitas.

Saya setuju itu penting untuk apa pun ,tetapi singkatnya,

– Jangan kamu berpikir bahwa” jangan membayar untuk berenang saja “, saya membayar untuk kesempatan yang disediakannya waktu
anak-anak saya , dengan mengembangkan atribut yang akan melayani mereka
sepanjang hidup mereka dan mem
beri mereka kesempatan untuk
memberkati kehidupan orang lain.

Di akhir pembicaraan saya tutup dengan , bahwa Dari
apa yang saya lihat sejauh ini tentang salah satu kursus renang di www.tiryalumbaswimmingschool.id,yaitu privat renang  ” saya pikir ini investasi yang bagus” ! Sekali lagi saya ucapkan Selamat belajar renang,hingga anak-anak anda menguasainya,  dan rasakan perbedaan karakter anak anda setelah mereka berlatih terus- menerus.

Jangan biarkan anak-anak anda tidak dapat berenang di saat ini hingga mereka dewasa kelak. Maka didiklah anak-anak untuk bertahan dalam hidup ,sejak mereka masih kanak-kanak.

Corona Pasti Berlalu…

CORONA PASTI BERLALU
Penulis + Youtube : JL Telussa

Dalam  olahraga air seperti :renang, polo air,  renang indah, snorkeling, arum jeram, kano,  ski air, surfing, selam bebas,  selam scuba dan memancaing.  Merupakan olahraga air  yang tidak beraktivitas dengan adanya pandemi virus corona.

Salah satu olahraga air yang terkena dampak pandemi  virus corona adalah olahraga renang.Suatu waktu saya coba melangkah ke kolam umum, biasa saya mengajar renang.

Sesampainya di kolam renang saya melihat dengan mata kepala sendiri gerbang kolam renang ter tutup,   tidak ada berjejer motor dan mobil diparkiran, meja kasir kosong melompong, pengunjung lalu lalang tidak tampak lagi,  petugas kolam bergantian tugas dan ada yang dirumah saja, kantin tutup, proses masak memasak dengan harumnya nasi goreng kambing sudah tidak ada lagi.

Pengunjung tidak ada karena lebih baik tinggal di rumah dan karena ada larangan keluar rumah di wilayahnya,  aktivitas belajar renang pasti tidak ada sunyi sepi.

Tidak ada terdengar lagi suara gemericik air pancuran di pojok kolam,  tidak ada lagi suara anak menangis karena tidak kuat menahan emosi dirinya karena takut untuk belajar renang, tidak ada lagi suara lengkingan dari pluit yang dibunyikan guru renang dan tidak ada lagi suara orang tua siswa yang berteriak untuk me
memotivasi saat anaknya berenang hingga ke tepi ” ayo nak kamu bisa”

“20 tahun sudah  menjadi guru renang, dengan ribuan murid pernah yang pernah belajar renang dengan saya” Baru ini kali pertama peristiwa yang membuat kolam renang mati suri dan tidak ada aktivitas” semua menjadi kacau , perekonomian tak menentu bagi guru-guru renang yang penghasilannya dari sektor jasa.

Walau tak terlihat dari kasat mata,  tetapi dari beberapa curhat teman grup guru renang,  keluhan dan harapan pasti ada seperti:

Keluhan teman guru renang  “sampai kapan virus corona ini aduh dapur tidak ngebul” ya Allah biarlah ini cepat berlalu…

“aduh tidak ada uang untuk makan harian, hanya dari mengajar renang saya dapat  tambahan untuk makan keluarga”

”  Tidak ada cashbon  untuk  membayar  biaya kos bulan ini” keluhan dan kenyataan miris guru renang dipinggiran Kota Tangerang.

Lihat berita TV atau media online pandemi corona hingga bulan Juni, aduh… ” tidak ada biaya untuk sampai bulan Juni”  oh yang sabar ya nak… keluhan anak meminta hadiah ulang tahun yg dijanjikan ayahnya april ini,  Untuk makan saja pas-pasan nak….

Banyak kisah sebenarnya dari guru renang, yang hidupnya bersandar dari genangan air di kolam renang.

Kata orang bijak bila kita memghadapi masalah jangan mencari kambing hitam tetapi cermati dan lakukan prioritas yang positif untuk menghadapi masalah dan juga ambil hikmah dari segala masalah yang ada di depan mata kita.  Ini semua akan menjadi hasil yang positif dibandingkan kita berfikir hanya yang negatif tentang suatu keadaan. 

Hadapi lakukanlah hal yang positif dan berdoa pada Yang Maha Kuasa yakin semua masalah akan berlalu,  yakin corona berlalu…

TIPS BERENANG AMAN DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA, ASAL….

Tips Berenang Aman  di Tengah Pandemi Virus Corona, asal…

Penulis + Youtube : JL. Telussa

Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara yang baik, mengikuti aturan pemerintah untuk mencegah penularan virus corona.

Salah satunya yang harus kita lakukan adalah  penerapan gerakan physical distancing. Hampir setahun kita menjalaninya serta tidak boleh lengah dan bosan. Kejenuhan ini pun terkadang membuat orang-orang merasa jenuh, sehingga harus mencari alternatif kegiatan apa yang menyenangkan dan sehat.

Masyarakat pencinta olahraga air,  dan masyarakat umum yang ingin olahraga rekreasi mempunyai alternatif lain yaitu salah satu pilihan kegiatan yang terlintas dalam pikiran kita untuk menyegarkan raga dan pikiran, yakni berenang ya olahraga renang. 

Dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai olahraga yang satu ini,  entah itu olahraga untuk prestasi maupun olahraga untuk rekreasi. Kesenangan ini menjadi sehat dan berguna di tengah pandemi,  bila kita tetap memperhatikan protokol kesehatan dan aturan keramaian yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kita layak mengetahuinya apakah aman berenang saat pandemi saat ini ?  Diungkapkan oleh organisasi kesehatan dunia ( WHO) , seperti dikutip dari kompas.com Dalam laman resminya who.int, WHO menjelaskan, aman jika orang-orang berenang di kolam renang yang terjaga kebersihannya dan mengandung klorin dalam jumlah tepat.

WHO menerangkan, klorinasi air sebesar 15 mg per liter sudah cukup untuk membunuh segala jenis virus.


Namun, tetap saja, WHO menyarankan orang-orang sementara waktu untuk menghindari tempat-tempat ramai, termasuk kolam renang umum yang penuh orang.

Selain itu, siapa saja diminta jaga jarak minimal 1 meter dengan orang yang bersin-bersin atau batuk, termasuk di area kolam renang.

Tetap aktif selama pandemi Covid-19
Dari segi keamanan, ketimbang berenang, orang-orang sebenarnya punya banyak pilihan kegiatan lain yang juga bisa menyenangkan dan menyehatkan meski hanya dilakukan di rumah.

WHO merekomendasikan sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan sebagai gerakan tetap aktif di rumah selama wabah Covid-19.

Berikut pilihannya:
Ikuti kelas olahraga online
Menari diiringi musik
Main video game seru
Main lompat tali
Lakukan latihan penguatan otot dan keseimbangan
Rajin mengecek posisi duduk saat bekerja di rumah
Beranjak dari duduk, lalu bekerja, menggunakan ponsel, atau menonton TV sambil berdiri
Naik dan turun tangga
Lakukan latihan peregangan


Tetap aktif selama wabah Covid-19 diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung, kekuatan otot, dan fleksibilitas.

Selain itu, WHO mengungkapkan, tetap aktif juga baik untuk kesehatan mental bagi orang-orang yang memilih terus berada di rumah guna menghindari penularan virus corona.

Sedangkan melansir laman Detik, ada beberapa aturan Tips aman pun harus dijalankan oleh masyarakat dan kolam renang apartemen, cluster warga atau pengelola sport center maupun wahana air yang beroperasi di tengah pandemi. Tips aman yang wajib diketahui dan dipatuhi oleh warga,  calon pengunjung kolam renang publik selama masa new normal, yaitu:

Air kolam memakai disinfektan dengan klorin 1-15 ppm atau bromin 3-8 ppm, sehingga pH air mencapai 7,2-8.

Pembersih dan disinfektan diberikan ke seluruh permukaan di sekitar kolam renang, seperti tempat duduk, lantai, dan sebagainya.


Jarak aman antar pengunjung harus dijaga saat di ruang ganti.


Pengguna kolam renang harus berada dalam keadaan sehat dan wajib mengisi formulir self-assessment risiko COVID-19. Jika hasilnya termasuk risiko tinggi, maka orang tersebut tidak boleh berenang.


Jumlah pengunjung dibatasi sehingga bisa jaga jarak.


Pengunjung wajib menggunakan peralatan pribadi, seperti handuk, kacamata renang, peralatan mandi, dan sebagainya.


Pengunjung wajib menggunakan masker sebelum dan sesudah berenang.


Pengunjung wajib melakukan pengecekan suhu sebelum masuk ke area kolam renang.


Setiap fasilitas kolam renang publik diwajibkan menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Waktu berenang di batasi hanya 2 jam paling lama, saat berenang.

Semangat  berolahraga dan tetap ikuti aturan protokol kesehatan saat pandemi virus covid-19, Jaga jarak,  pakai masker dan cuci tangan sebagai dasar kita menghindari virus. 

Bekali anak sejak dini.

Penulis : JL Telussa.

Demi masa depan  si buah hati life skill menjadi salah satu yang harus dipersiapkan para orangtua. Para orang tua tidak akan sungkan-sungkan untuk merogoh koceknya dalam-dalam , demi masa depan dan memenuhi kebutuhan anak-anaknya sejak usia dini.

Untuk membekali anak dengan ilmu dari lembaga formal seperti sekolah, tidaklah cukup. Di tengah pandemi seperti saat ini , orangtua merasa perlu menambah  life skill bagi anaknya di berbagai lembaga pendidikan informal, seperti les renang.

Oleh karena itu, pengelola usaha jasa yang terjun ke bisnis life skill  belajar (les renang ). Salah satunya adalah Juni Lius T,  S.Pd  yang pada tahun 2003 membuka usaha kursus renang bayi  sampai orang dewasa bertajuk Ayo Berenang !. Bendera usahanya adalah saat ini PT Gemilang  Perkasa Persada yang berlokasi di Sport Center Duta Bintaro, Kota Tangerang.

Kursus renang ini memiliki empat fasilitas yaitu bimbingan  renang reguler , bimbingan renang privat, dan bimbingan ekstrakurikuler renang, serta kursus renang indoor  yang baru launching tahun ini.  Usaha ini menyediakan layanan Kursus renang untuk jenjang usia playgroup hingga kalangan dewasa.

Pengelola kursus AyoBerenang! mengklaim, sistem dan konsep pembelajaran di lembaganya telah teruji sejak tahun 2003 dengan siswa mencapai  5000 orang lebih  serta sesuai kurikulum  yang diadopsi dari Australia. Dengan sistem seperti itu, kursus renang  AyoBerenang! mendapat sambutan positif dari pasar.

Untuk melebarkan sayap bisnisnya, mulai tahun ini pengelola kursus AyoBerenang! menawarkan konsep baru yaitu kemitraan kepada masyarakat yang berminat terjun ke bisnis ini.

Ada tiga jenis paket kemitraan yang ditawarkan AyoBerenang!. Pertama, Paket Standar dengan nilai investasi Rp 14,9 juta. Kedua, Paket Silver bernilai investasi Rp 54,9 juta. Ketiga, Paket Platinum seharga Rp 155 juta. Paket eksklusif seharga 1 miliar

Tentu saja, kelengkapan fasilitas keempat paket ini disesuaikan dengan harga investasinya.

Pada Paket Standar, misalnya, mitra bisnis hanya mendapatkan fasilitas modul dan 1 alat renang, media promosi . Adapun Paket Silver terdapat tambahan perlengkapan, seperti alat renang lainnya. Paket Platinum mitra mendapat tambahan pelatihan bagi instruktur. Untuk paket eksklusif yaitu mitra dibuatkan kolam renang indoor dan kursus renang indoor serta semua fasilitas kursus.

Hak master kemitraan

Jika memilih Paket Eksklusif , maka mitra mendapatkan fasilitas kolam renang indoor, pelatihan, modul kursus renang , kurikulum, peralatan  dan perlengkapan yang lebih lengkap dari Paket lainnya. Selain itu, mitra memperoleh hak sebagai master kemitraan di kota tempat kursus renang itu berdiri. “Mitra boleh menjaring mitra lain di daerah itu, ungkap A.Christia, sebagai Managing Director AyoBerenang!.

Namun, biaya investasi awal tersebut belum termasuk biaya sewa tempat, kirim peralatan, survei, dan akomodasi pelatih yang ditanggung oleh calon mitra. Mitra juga wajib membayar biaya royalti 10 persen dari omzet. Royalti ini dibayar pada bulan ketiga setelah beroperasi.

Untuk pemasukan mitra kursus AyoBerenang! didapatkan dari pendaftaran murid baru dan biaya kursus setiap bulan. Biaya pendaftaran di kursus  ini sebesar Rp 50.000 per orang. Sementara itu, biaya kursus Rp 200.000 untuk satu periode selama sebulan untuk 4x pertemuan di tahun pertama dan akan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya 10%. Kami ingin membuat sebuah lembaga kursus yang bisa masuk ke semua kalangan dengan harga yang terjangkau. Kata A. Christia

Dia menambahkan, setelah Corona berlalalu ini, ada saru calon mitra yang akan membuka kursus AyoBerenang!. Memang, sekarang, lembaga renang ini belum memiliki mitra dan baru memiliki dua kolam kursus renang.

Perhimpunan Waralaba di Indonesia, menilai pemain di bidang pendidikan seperti kursus renang sangat jarang, dan belum terjangkau  di Indonesia.

Walau pandemi masyarakat tetap berminat dan antusias menjalin kemitraan, dan tentu saja tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi saat ini.

Katena kursus renang AyoBerenang!  memiliki keistimewaan dari kursus renang lainnya. Misalnya, metode pengajaran yang baru dan keunggulan dalam hal kurikulum serta konsisten dalam berusaha  jasa kursus renang.

AyoBerenang!!

AyoBerenang!!

AyoBerenang!!


Ikuti Artikel Saya

Dapatkan konten / artikel baru yang dikirim langsung ke kotak masuk Email Anda.